rss_feed

Kelurahan Nangaroro

Jl. Kompleks Pasar Nangaroro
Kecamatan Nangaroro Kabupaten Nagekeo Provinsi Nusa Tenggara Timur
Kode Pos 86464

call 082341402779| mail_outline kelnrrngk@gmail.com

Pemerintah Kelurahan Nangaroro membuka pendaftaran bagi para pelaku usaha kuliner olahan lokal di wilayah Kelurahan Nangaroro untuk menempati stand dan lopo di samping podium Pasar Nangaroro. Pendaftaran dibuka sejak permohonan secara tertulis diterima Pemerintah Kelurahan sejak tanggal 14 s/d 20 September 2021. Pelaku usaha kuliner yang sudah terdaftar akan diinformasikan untuk mengikuti seleksi wawancara berkaitan dengan jenis kuliner olahan lokal yang menunjukan kekhasan nilai lokal Nagekeo, seperti: Po'o kose, ezu kose, tupa lau, olahan jajan ubi-ubian dan jenis olahan lokal lainnya.
fingerprint
Profil Potensi Kelurahan

date_range 30 Apr 2014 18:23:24 favorite 49 Kali

1. Keadaan Geografis dan Topografis Kelurahan Nangaroro.

Kelurahan Nangaroro secara keseluruhan memiliki luas wilayah sebesar 20,18 km2. Luas wilayah tersebut mengalami penyusutan atau berkurang sebesar 20% setelah mengalami pemekaran wilayah pada tiga tahun terakhir. Batas wilayah Kelurahan Nangaroro adalah sebagai berikut:

Sebelah Utara     : berbatasan dengan Desa Woedoa dan Desa Utetoto

Sebelah Selatan  : berbatasan dengan Laut Sawu

Sebelah Timur    : berbatasan dengan Desa Nataute

Sebelah Barat     : berbatasan dengan Desa Woewutu

Topografi wilayah Kelurahan Nangaroro terdiri dari dataran tinggi dan sedikit dataran rendah di wilayah pusat kelurahan dan pesisir pantai. Wilayah Kelurahan Nangaroro dibelah oleh sungai sepanjang kira-kira 2,5 KM. Sungai tersebut sekaligus menjadi pembatas wilayah kediaman dua 2 (dua) suku penduduk Nangaroro, yaitu suku Dea Wada dan suku Ute (Dodo). Kelurahan Nangaroro termasuk salah satu Kelurahan yang letaknya hanya sekitar 200 meter dari pusat Kecamatan Nangaroro. Sedangkan dari pusat Kabupaten Nagekeo  berjarak 40 KM dan biasa ditempuh kendaraan bermotor selama satu jam. Kelurahan Nangaroro juga merupakan wilayah lintasan  jalur jalan antar Kabupaten, sekaligus jalan negara lintas Flores.Masyarakat Kelurahan Nangaroro pada umumnya hidup sebagai petani. Kehidupan ekonomi mereka sebagai petani sangat dipengaruhi oleh tanah yang dikerjakan dan keadaan alam yang mempengaruhinya. Cara pengolahan tanah masih sangat sederhana sesuai tingkat pendidikan dan pengalaman mereka.

Pola pertanian di Kelurahan Nangaroro yaitu berladang dengan sistem hortikultural dimana berbagai jenis tanaman yang ditanam bersama–sama dalam satu bidang ladang. Secara ekonomis, kehidupan masyarakat Kelurahan Nagaroro cukup maju dengan mata pencaharian petani dan mempunyai penghasilan yang cukup tinggi yang diperoleh dari hasil pertanian. Hasil pertanian di Kelurahan Nangaroro seperti jagung, umbi-umbian, kacang-kacangan, padi ladang, juga didukung dengan hasil perkebunan seperti kelapa, kakao dan pisang. Selain hidup dari pertanian, masyarakat di kelurahanjuga memiliki pola hidup berternak seperti babi, kerbau, sapi, kuda, unggas, seperti ayam dan bebek. Pada jaman dahulu, usaha peternakan hanya menjadi pekerjaan sampingan untuk memperlancar upacara adat namun dewasa ini pemeliharaan ternak dilakukan secara intensif dan penghasilan ternak telah menjadi sumbangan yang tidak sedikit untuk meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga.

2. Jumlah Penduduk

NO

LINGK.

JUMLAH KK AWAL BULAN

PENDUDUK AKHIR BULAN

JUMLAH KK AKHIR BULAN

LK

PR

JMLH

1

I

206

484

486

970

206

2

II

260

528

543

1071

260

3

III

233

503

519

1022

233

JUMLAH

699

1515

1548

3063

699

 

a. Jumlah Kepala Keluarga Menurut Mata Pencaharian

N0

Mata Pencaharian

Jumlah KK

 (%)

1

Petani

608

85,02

2

Pegawai aktif

35

4,52

3

Pensiun

33

7,35

4

Pengusaha/Pedagang

23

3,11

Total

699

100

Berdasarkan data , dapat dilihat bahwa mayoritas (85%) penduduk Kelurahan Nangaroro adalah petani. Perekonomian Penduduk Kelurahan Nangaroro cukup baik jika dilihat dari mata pencaharian dan keadaan geografi.

b. Jumlah penduduk menurut tingkat pendidikan.

No

Tingkat Pendidikan

Jumlah

%

1

Buta huruf

15

0,46

2

SD

1170

39,37

3

SMP

1150

37,01

4

SMA

660

19,84

5

DIPLOMA

20

2,17

6

Strata 1

48

1,15

Total

3063

100

 

Masalah Sosial yang menonjol.

  1. Minimnya Sumber daya kaum muda dan Pemangku kepentingan yang dipercayakan untuk mewakili kepentingan masyarakat, solusinya: Dilakukan Revitalisasi Karang Taruna dan RT serta Kepala Lingkungan.
  2. Maraknya praktek perjudian, Solusinya: Pemerintah Kelurahan telah berkomitmen untuk menolak segala bentuk praktek perjudian melalui Berita Acara Kesepakatan Bersama untuk menolak praktek perjudian yang ditandatangani oleh LPMK, Tokoh masyarakat, Tokoh agama, 21 Ketua RT, Ke 3 Kepala Lingkungan dan sudah dikirim kepada Bupati, Ketua DPRD dan Kapolres Nagekeo.
  3. Belum adanya pemerataan sentuhan pembangunan infrastruktur di wilayah ke 21 RT karena keterbatasan alokasi anggaran PMK pada tahun tahun sebelumnya. Solusinya: Mempertimbangkan aspek keseimbangan wilayah dari alokasi anggaran PMK pada tahun ini dan seterusnya.
  4. Program yang ditawarkan.
  5. Penguatan kapasitas Sumber daya Organisasi Kaum Muda Karang Taruna.
  6. Pembenahan Administrasi di wilayah RT & Lingkungan yang terintegrasi pada data base Perumahan.
  7. Melakukan sosialisasi kesadaran masyarakat dari gangguan Kamtibmas.
  8. Membuka ruang diskusi dengan masyarakat untuk mendukung penyelenggaraan Pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan pembinaan kemasyarakatan.
business
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat

  [Ganti]  

reorder Peta Kelurahaan Nangaroro

account_circle Aparatur Kelurahan

share Sinergi Program

insert_photo Galeri Foto

message Komentar Terkini

contacts Info Media Sosial

Alamat : Jl. Kompleks Pasar Nangaroro
Kelurahan : Nangaroro
Kecamatan : Nangaroro
Kabupaten : Nagekeo
Kodepos : 86464
Telepon : 082341402779
Email : kelnrrngk@gmail.com

assessment Statistik Pengunjung

Hari ini:104
Kemarin:61
Total Pengunjung:19.195
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:34.207.230.188
Browser:Tidak ditemukan

folder Arsip Artikel


  • YOSEF MOSA, S. SOS

    Lurah Nangaroro

  • ALEKSIUS JATA,A.Md

    Sekretaris Lurah

  • JHON STOREY M.BATA,S.STP

    Kasi Pemerintahan

  • KASIANUS SENGSARA,S.FIL

    Kasi Pemberdayaan & Sarana Prasarana

  • MARIA K. LORI EMBUJA,SE

    Pelaksana Kasi Pemerintahan

  • PUDENTIANA TOLO,A.Md

    Pelaksana Seksi Pemberdayaan

  • MARIA DELOURDES SELA AJA

    Pengelola Keuangan

settings Pengaturan Layar